Jumat, 27 Juli 2012

CARA MUDAH MENENTUKAN RUTE DAN JARAK TEMPUH PERJALANAN DENGAN OPERA MINI (VIA GOOGLE DIRECTIONS)

Ini adalah cara paling sederhana dan mudah untuk menghitung jarak tempuh, waktu tempuh dan jalur atau rute yang akan digunakan saat akan berpergian dari satu kota ke kota yang lain, cukup dengan sebuah ponsel java, opera mini dan google directoins, nah apa tuh google direction?

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal google maps dibandingkan google directions, padahal google directions juga merupakan bagian dari google maps, hanya saja google directions ini bisa diakses dari ponsel java menggunakan operamini, tanpa proses instalasi google maps.
Ini adalah salah satu cara menggunakan google directions, saya gunakan ketika akan berangkat dari cirebon ke sukabumi, cukup membantu mengenali rute dan arah tempuh:
1. akses alamat berikut via opmin anda :
akan tampil halaman:
2. input kota asal dikolom “dari”, dan kota tujuan di kolom “ke”, sebagai contoh yang saya gunakan kota asal cirebon, kota tujuan sukabumi, kemudian klik panel “telusur”, pastikan menggunakan modus penelusuran “dengan mobil” bisa juga memilih “dengan kendaraan umum”
3. maka akan tampil, jarak tempuh 220 Km dan waktu tempuh 4 jam, ini diasumsikan jalan lancar dan kecepatan rata-rata 50 Km/jam, selain itu juga akan ditampilkan rute tempuh, jalur, nama jalan, belokan dan jika mengklik angka urutan rute maka akan ditampilkan peta sederhana rute tersebut, meskipun tidak cukup jelas untuk layar hape saya 320×240 pixels.
Cara ini sangat sederhana sekali begitu juga informasi yang dihasilkan, sangat jauh jika anda menggunakan google maps OS lain, semisal android, tapi setidaknya buat saya sendiri informasi tersebut bisa memberikan gambaran awal perjalanan. 

0 komentar:

Posting Komentar