Minggu, 08 Juli 2012

Cara memperbaiki Flash Disk yang rusak

Dimulai dari awal cerita (flashback sedikit, hahahah) ketika saya mendapatkan FD dari teman saya yang pada waktu itu dia baru saja membeli FD dari pameran computer, dan dengan waktu yang sekejap FDnya pun langsung meninggal dunia (sedikit dramatis, haha), dan alhasil FDnya pun diberikan kepada saya, sesampainya dirumah (lhoh kok cepet naik apa?…). langsung saja saya browsing2 internet untuk cari2 tool buat fix problem FD tersebut, dan akhirnya saya temukan bantuan yang sangat bermanfaat. Oke langsung saja ke pokok permasalahan, Dalam kasus saya (kasus?????) saya menggunakan FD Kingston Data traveler 4Gb. Dan masalahnya adalah kehilangan kapasitas sehingga ketika dilihat Capasity nya 0.
Sekarang langsung pemecahan masalah yang saya lakukan
1. Download USB view , ini digunakan untuk melihat Vendor dan Id FD kita
Ex . Picture
Pada kotak Kanan bertuliskan
ex   idVendor   : 0x0c76
idProduct  : 0×0005
pada view ini kita hanya harus terfokus pada kode tersebut, hanya ambil 4 digit dari belakang.
Jika sudah kita cari kode tersebut agar kita mendapatkan tool untuk memperbaiki FD yang sesuai dengan milik kita, dapat di cari di http://flashboot.ru/iflash.html , web tersebut berbahasa rusia, siapkan saja kamus/ yang lebih mudah dengan Google translate http://translate.google.com , jika sudah masuk isikan saja pada kolom VID dan PID sesuai dengan milik FD anda yang sudah diketahui menggunakan usb view tadi.
Ketika anda sudah menemukan informasi yang sesuai dengan FD anda langsung saja cari tool yang sesuai
Ex.
Pada kotak/kolom paling kanan menunjukkan tool yang sesuai dengan FD,kemudian kita tinggal mencari dengan google.
Mungkin beberapa FD tidak harus sesuai dengan tool yang di gunakan. Pada permasalahanuntuk FD yang saya miliki sulit mencari informasi pada web tersebut kemudian saya menggunakan tool lainya yang masih dalam vendor sama yaitu kingston.
Semoga tulisan ini membantu anda dalam memecahkan masalah anda.

0 komentar:

Posting Komentar